Semangat Senyum Syukur | Everything in this world are good for us |

Jumat, 15 Februari 2013

KHS, KRS, Liburan




 catatan kisah menjelang liburan....
UAS sudah selesai ternyata. UAS yang terakhir kemarin tanggal 16 Januari 2013. Sehingga, kami hanya tinggal berdoa pada waktu setelah itu semoga saja untuk semua mata kuliah mendapatkan nilai A. Kalau dalam kata lain, kita harus bertawakal setelah melakukan berbagai usaha selama kuliah satu semester ini. Sebentar lagi kita akan mendapatkan nilai dari tiap-tiap mata kuliah. Kalau dalam masa putih abu-abu itu namanya melihat hasil rapot yang diambil oleh orang tua kita. Nah, ini bedanya antara SMA dengan kampus. Kalau masih SMA rapot diambilkan oleh orang tua. Sedangkan kalau di kampus segala sesuatu kita yang melakukan termasuk melihat nilai di website fakultas. Terus kami juga harus sabar menunggu nilainya sampai keluar semua. Baru setelah semua nilai keluar, kita akan mengetahui IP kita pada semester ini.
Pada waktu itu hari Minggu tanggal 20 Januari 2013 ada acara try out SBMPTN se-Kebumen. Kebetulan saya memilih lokasi pengawas di SMAN Kutowinangun dengan alasan yang paling dekat dengan rumah. Begitu job selesai menjadi pengawas, saya dan teman saya hars meluncur ke SMP Negeri 7 Kebumen untuk evaluasi dan rapat lanjutan Kebumen Campus Fair 2013. Tahu tidak, bahwa sorenya jam setengah empat saya harus ke agen Zena naik bis keberangkatan ke Malang. Ini ada acara pengisian Kartu Rencana Studi. Ketika rapat di pertengahan saya minta izin kepada moderator untuk pulang duluan. Cap cus saya segera memacu sepeda motor saya dengan kecepatan tinggi agar sampai rumah masih jauh dari jam setengah empat.
Oh ya hampir terlewatkan. Waktu itu kami ada di aula SMPN 7 Kebumen. Ada temen saya bawa laptop dan modem. Ya sudah saya minta bukain siska barangkali nilai sudah keluar semua. Log in dengan NIM. Kemudian klik informasi KHS. Pilih semester ganjil 12/13. Dan hasilnya menggembirakan. Saya tidak menduga akan mendapatkan nilai yang seperti ini. Berikut hasilnya dari siska tentang Kartu Hasil Studi.
Daftar Matakuliah yang diprogram semester
sks yang ditempuh pada semester ini : 21
sks yang lulus pada semester ini : 21
IP pada semester ini : 3.86
Kode MK
Nama MK
sks
Nilai
EKF1103
PENGANTAR BISNIS
3
A
MPK4001
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
3
A
MKK4001
BAHASA INGGRIS
3
A
EKF1210
PENGANTAR AKUNTANSI
3
A
EKF1211
MATEMATIKA BISNIS
3
B+
EKF1212
PENGANTAR EKONOMI
3
A
EKF1215
STATISTIKA
3
B+
Sangat menggembirakan bukan? Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah pada hari itu. Dengan IP 3,86 berarti saya bisa mengambil jumlah SKS maksimal sebanyak 24. Pengsian KRS ini dilakukan di laboratorium dekanat FEB UB. Saya memiliki jadwal kuliah yang sama dengan beberapa teman saya. Hanya saja ada satu mata kuliah yang beda jam yaitu Bahasa Indonesia. Berikut hasil KRS atau jadwal kuliah semester 2.
Jadwal Kuliah Mahasiswa, Semester Genap 2012/2013
Hari
Jam
Kode MK
Nama Matakuliah
Kelas
sks
Ruang
SENIN
1
EKF1213
PENGANTAR MANAJEMEN
BC
3
D-11
SENIN
3
EKF1201
APLIKASI KOMPUTER STATISTIK
BC
3
LAB-MAN1
SENIN
4
EKM1212
PERPAJAKAN (TEORI & PRAKTIK)
BD
3
D-10
SELASA
1
EKM1208
OPERATIONS RESEARCH
BA
3
E-10
SELASA
3
EKF1203
HUKUM KOMERSIAL
BC
3
D-6
RABU
2
EKM1210
PENGANTAR AKUNTANSI II
BB
3
D-7
KAMIS
2
MPK4007
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BC
3
D-4
KAMIS
3
MPK4008
BAHASA INDONESIA
BG
3
D-12
Menurut saya jadwal di atas sudah sangat bagus. Hari Jumat kosong. Ini memang sengaja agar kami bisa libur 3 hari. Namun sebenarnya ada ganjalan dalam diri saya. Jadwal hari Senin ada jam pertama. Saya inginnya tidak ada jam pertama pada hari Senin dengan alasan takut kalau Minggu baru balik ke Malang belum nyampe kos jam 7. Kemudian teman saya meyakinkan saya bahwa semua akan seperti yang kita inginkan. Jadi insyaAllah cukup kok. Kemarin saja nyampai kos jam setengah 5 pagi.
Meskipun saya sudah selesai mengisi KRS, ada dua orang teman saya meminta saya untuk mengisikan jadwal buat mereka. Kebetulan mereka sudah pulang kampung duluan. Oke saya terima. Segera saya urus segala sesuatunya dan tinggal isi jadwal. Mereka inginnya Jumat kosong dan kalau bisa pagi semua. Pada hari pengisian hari ke-2 mereka berdua tidak bisa yang seperti mereka inginkan. Saya sudah berusaha mencari jadwal yang sesuai dengan keinginan mereka. Alhasil ada kelas yang sudah penuh dan kress juga dengan jadwal yang lainnya. Akhirnya hasilnya demikian sampai hari Jumat. Kemudian saya laporkan kepada mereka dan mereka merespon dengan positif. Alhamdulillah, semoga saja apa yang sudah saya lakukan mereka bisa puas.
Hari-hari yang menyibukkan di kampus sudah beres. Lalu, apa yang  harus saya lakukan setelah ini? Jawabannya adalah pulang ke Kebumen. Kami harus mengurus stand KCF dalam bedah kampus besok tanggal 27 Januari 2013 di SMK Negeri 1 Gombong. Tetapi, sebelum ini saya harus mencari segala sesuatu termasuk titipan teman saya selama saya di Malang dan membawanya pulang. Tahu kan maskudnya apa. Maka dari itu, saya harus pulang hari Jumat kalau kondisinya seperti ini. Uang ada di rekening teman saya. Pada wakti itu teman saya ada di Pasuruan dan terbentur hari libur, makanya baru bisa ngambil hari Jumat pagi.
Ada banyak agenda setelah KCF 2013 sebenarnya. Teman-teman XI A SMPN 1 Prembun ada acara sejenis reuni. Ini kegiatanyya temu kangen dan berwisata bareng ke suatu tempat. Kemudian teman-teman Iksapala angkatan T SMA Negeri 1 Kebumen mengajak kami semua camping di Watu Ngadek. Kalau tidak ya bertemu dengan juniornya di smansa. Selanjutnya, saya sendiri juga ada planning main ke Depok dan Jakarta. Kebetulan juga teman-teman saya mengajak main ke kota tersebut. Saya sendiri masih bimbang. Kalau ada teman ya saya mau berangkat, tetapi kalau tidak saya masih pikir-pikir. Keinginan saya semuanya bisa saya ikuti agar liburan kali ini tidak hanya mengerami di rumah saja. Haha
Liburan telah tiba bagi mahasiswa di Indonesia. Berbeda dengan teman-teman SMA kelas 3 yang pastinya galau jurusan dan universitas. Semoga saja mereka mendapatkan pencerahan. Kami semua ingin liburan kali ini bermanfaat bukan untuk foya-foya. Amin.

KHS, KRS, Liburan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sukur Riswanto