Semangat Senyum Syukur | Everything in this world are good for us |

Selasa, 15 Januari 2013

UAS part SEVEN

Waktu terbatas, UAS Pengantar Ekonomi Tuntas

Saya buka soal ujian. Saya kaget. Jumlah soalnya hanya 6 buah dengan cabang abc setiap soalnya. Setiap soal itu jawabannya adalah eksplanasi. Semua saya lihat soalnya. saya merasa tidak yakin pada awalnya.
Masih dalam jam dan ruangan yang sama seperti UAS sebelumnya, kali ini adalah UAS yang terakhir. Tanggal 15 Januari 2013 merupakan pengganti jadwal sebelumnya yang jatuh 31 Desember 2012. Karena harinya terjepit, maka jadwalnya dipindah hari ini. Ketika mengetahui soal ujian yang pasti bakal menguras otak dan pikiran, segera saya kerjakan urut semampu saya. Ini soal butuh jawaban yang realistis berdasarkan materi yang sudah dibahas dalam diskusi pertemuan biasa. Saya harus mengerjakan dengan cepat namun teliti. Waktu yang disediakan hanya 90 menit. Pada awalnya saya sempat mikir apakah dengan waktu yang segitu bisa dikerjakan semua ngga ya.
Soal demi soal saya kerjakan dengan cepat. Nomor-nomor awal saya mengerjakan dengan santai agar tulisan bisa terlihat bagus. Saya ingat bahwa waktu sangat terbatas. Ini mendorong saya untuk mengerjakan dengan lebih cepat dan tulisan harus bisa dibaca. Sebenarnya ada beberapa soal yang membuat saya bingung. Seperti pada soal nomor satu yang harus menyertakan grafik laba dalam perusahaan monopolistik dan oligopli. Gambar grafiknya saya lupa. Padahal sudah mempelajarinya. Jadi ada rasa penyesalan dan ingin aku mengulanginya lagi dengan persiapan yang lebih matang.
Lanjut ke nomor yang lain tentang pendapatan nasional. Menurut saya ini bisa saya kerjakan. Saya hanya butuh waktu tambahan agar saya bisa menuliskan jawaban yang lebih detail pada semua soal. Namun itu hal yang tidak mungkin. Sebagai caranya, saya harus menulis dengan cepat. Mengenai pendapatan nasional ini juga butuh jawabann yang jelas. Belum cukup rasanya jawaban yang saya berikan, tetapi waktu semakin menyempit. Saya sadar juga baru mengerjakan sampai nomor 3 rasanya sudah lama banget. Ini salah satu hal yang menbuat aku panik. Takutnya waktu segera habis.
Waktu semakin berkurang. Saya harus cepat-sepat mengerjakan semua soal dengan lengkap. Pak Djasly bilang bahwa jangan sampai ada soal yang tidak dijawab. Ini kalimat yang bagus yang bisa memotivasi saya untuk menjawab semua soal dan tentunya harus cepat dengan membagi waktu antara soal lainnya. Kalimat motivasi itu selalu saya ingat. Saya terus menulis jawaban sampai-sampai tangan merasa sangat pegal. Ingin berhenti tetapi masih ada beberapa soal yang belum dikerjakan. Lama-kelamaan menjadi terbiasa juga terus menulis dan rasanya sudah nyaman.
Hingga sampai soal nomor 5 dan satya bertanya kepada pengawas berapa waktu yang tersisa. Pengawas menjawab masih 20 menit lagi. Ini artinya satu soal harus selesai dalam waktu 10 menit. Saya terus ngebut mengerjakan semua soal. Selanjutnya tinggal nomor 6 yang terdiri atas dua poin. Pada saat mengerjakan soal nomor 6, saya mendengarkan bisikan pengawas yang intinya waktu tinggal 6 menit lagi. Oh my God! Saya ngebut sekencang-kencangnya agar semua soal bisa terjawab. Soal ini berisi pendapat mengenai suatu kasus dan bagimana solusi terhadap suatu kasus yang ada dalam soal itu. Saya rasa ini tidak begitu sulit. Yang menyulitkan itu waktunya hampir habis. Saya bahkan sampai menulis jawaban dengan tulisan yang besar-besar. Ini tandanya saya agak kesal karena saya masih harus memberi jawaban yang terbaik tetapi di sisi lain  waktu tinggal beberapa menit lagi.
Waktu habis. Pengawas memperingatkan agar lembar jawaban segera dikumpulkan. Saya masih menulis satu kalimat terakhir. Selesai. Saya senang semua soal bisa saya kerjakan. Mengenai benar atau tidaknya saya berharap itu benar. Amanah Pak Djasly bisa saya jaga. Alhamdulillah.
Di luar ruangan ada beberapa teman saya yang belum selesai mengerjakan soal. Kebanykan soal nomor 4 yang hitung-hitungan tentang pendapatan nasional. Ada juga temen saya yang belum mengerjakan soal nomor 2 tentang dua analisis pendapatan nasional menurut dua aliran klasik dan modern. Tetapi, kami semua harus optimis dan yakin jawaban yang sudah jadi harapan semoga benar dan pada akhirnya mendapatkan nilai A. Amin.
Kita dituntut untuk mengerjakan segala sesuatu dengan baik dan tepat sekalipun kita hanya memiliki waktu yang sangat terbatas. Gunakan keterbatasan itu untuk memotivasi kita agar mendapatkan hasil yang bagus.
@sukrisw

UAS part SEVEN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sukur Riswanto