Ringkasan
Materi BAB 3 Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan
Matakuliah Manajemen Pemasaran
Matakuliah Manajemen Pemasaran
A.
Komponen Sistem Informasi
Pemasaran Modern
Beberapa
perusahaan telah mengembangkan sistem informasi pemasaran yang memberikan
rincian yang mendalam kepada manajemen tentang keinginan, preferensi, dan
perilaku pembeli.
à Pemasar
mempunyai banyak informasi tentang bagaimana pola konsumsi bervariasi lintas
negara.
à Setiap
perusahaan harus mengelola dan mendistribusikan aliran informasi berkelanjutan
bagi manajer pemasarannya.
à Sistem
informasi pemasaran perusahaan harus merupakan persilangan antara apa yang
kira-kira dibutuhkan manajer.
B.
Catatan Internal dan
Intelijen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya,
tingkat persediaan, piutang, utang, dan seterusnya. Dengan menganalisis
informasi ini, mereka dapat menemukan berbagai peluang dan masalah penting.
à Siklus
Pesanan-sampai-pembayaran
Inti sistem pencatatan internal adalah
siklus pesanan-sampai-pembayaran. Perwakilan penjualan, penyalur, dan pelanggan
mengirimkan pesanan ke perusahaan. Departemen penjualan menyiapkan tagihan,
mengirimkan salinannya ke berbagai departemen dan memesan ulang barang-barang
yang habis. Barang-barang yang dikirimkan ini menghasilkan dokumen pengiriman
dan penagihan yang dikirmkan ke berbagai departemen.
à Sistem
Informasi Penjualan
Manajer pemasaran memerlukan laporan
yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan yang terkini. Perusahaan yang
pandai memanfaatkan cookies, catatan
penggunaan situs web yang disimpan di browser pribadi, merupakan pengguna
pemasaran terbidik yang cerdik. Gadget teknologi mengubah sistem informasi penjualan
dan memungkinkan wiraniaga mempunya informasi terbaru dari detik ke detik.
Seperti penggunaan barcode yang memudahkan menghitung persediaan secara
otomatis. Ini bisa menghemat waktu dan dapat meningkatkan produktivitas.
à Database,
Gudang Data, dan Penggalian Data
Saat ini perusahaan mengelola
informasi mereka dalam database pelanggan, database produk, database wiraniaga,
dan menggabungkan data dari berbagai database. Selanjutnya, perusahaan
menyimpan data-data dan membuatnya mudah diakses oleh pengambil keputusan.
à Sistem
Intelijen Pemasaran
Sistem catatan internal memberikan
data hasil, tetapi sistem intelijen pemasaran memberikan data saat ini. Sistem
intelijen pemasaran adalah kumpulan prosedur dan sumberdaya yang digunakan
manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam
lingkungan pemasaran.
Sebuah perusahaan dapat mengambil
beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasarannya.
a. Melatih
dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan
baru
b. Memotivasi
distributor, pengecer, perantara lain untuk menyampaikan intelijen yang penting
c. Membentuk
jaringan eksternal
d. Membentuk
panel penasehat pelanggan
e. Memanfaatkan
sumberdaya data pemerintah
f. Membeli
informasi dari pemasok luar
g. Menggunakan
sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif
silahkan download file lengkapnya di bawah ini:
versi MS WORD => Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan
versi PPT => Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan