Semangat Senyum Syukur | Everything in this world are good for us |

Selasa, 08 Januari 2013

UAS part FIVE


Senang atau Tegang Sama dengan UAS Statistika

UAS Statistika yang tidak tahu harus senang atau sedih. Ada yang bisa dikerjakan tetapi juga ada yang tidak bisa sama sekali.
Hari ini tanggal 8 Januari 2013 ada UAS Statistika. UAS kali ini berada di ruang D.1 gedung D FEB UB. Beruntungnya UAS ini bersifat open book. Coba kalau tidak open book, pasti semua sudah kelabakan. Kalau sudah dipersiapkan secara matang aku yakin pasti soal ujian bisa dikerjakan. Tergantung orangnya juga, bagaimana dia memahami dan minat dia terhadap Statistika. UAS Statistika hanya terdiri dari 4 soal dengan cabang dua. Dari keempat nomer, saya bisa mengerjakan 3 soal nomor 1, 2, dan 3. Akan tetapi pada nomor 4, saya sama sekali bingung dan tidak tahu harus menjawabnya seperti apa. Soal ini saya tidak menduga akan seperti ini. Soal nomor 4 itu menyebutkan bahwa ada Tabel Output Regresi dan Korelasi. Nah, dari soal itu diminta apa saja yang didapatkan dari tabel tersebut dan tuliskan fungsinya. Sangat bingung dan sempat macet memutar otak dan pikiran dan bahkan berjungkir balik. Saya tidak tahu apa yang akan saya tulis waktu itu. Aku buka catatan, aku cari halaman yang memuat materi Regresi dan Korelasi. Dari catatan saya, saya hanya menemukan bagaimana cara menuliskan fungsi regresi. Ini tidak terlalu sulit. Tetapi, bagaimana dengan informasi dari tabel itu? Pasrah saja dan hanya menuliskan sebisa saya.
Waktu yang diberikan memang sangat cukup. Kami diberi waktu 120 menit. Alhamdulillah semua bisa dikerjakan. Hanya saja masih mengganjal pada nomor 4 yang tidak tahu sama sekali. Semoga saja mendapatkan nilai meskipun salah. soal-soal itu semuanya berhubungan dengan angka. Sebelumnya dosen pengampu sudah memberi kebebasan boleh membawa kalkulator. Teman-teman saya banyak yang membawa kalkulator. Tetapi, ada juga beberapa yang tidak membawa kalkulator. Alhamdulillah tidak ada masalah meskipun tidak membawa kalkulator. Semua hitungan bisa dihitung secara manual. Biarpun lama, saya lebih puas karena serasa berlatih menghitung angka yang desimal. Harus mengakar dan membagi angka yang ada komanya. Sekali lagi saya katakan saya justru menikmati hitungan seperti itu. Buat saya yang penting harus hati-hati menghitung.
Waktu kurang menunjukkan 40 menit kala itu saya tanyakan kepada pengawas. Beberapa menit kemudian, ada salah seorang teman saya yang sudah mengumpulkan. Batinku, bagi mereka pasti mudah untuk mengerjakan soal UAS Statistika. Itu terbukti setelah teman saya yang pertama keluar, beberapa menit beberapa teman saya juga mengikuti lembar jawabannya dikumpulkan kepada pengawas. Semakin lama semakin berkurang waktunya. Tinggalah dua orang yang masih di ruangan itu. Hanya ada saya dan teman saya yang duduk paling belakang, namanya Ilham. Saya melihat dia ternyata sibuk juga masih mencoba menjawab. Saya menduga itu pasti yang nomor 4. Saya sendiri juga tinggal nomor 4. Saya sangat bingung harus menuliskan jawaban apa yang pantas disebut jawaban. Saya temukan ide. Saya menuliskan apa saja yang ada di tabel. Dan ada hubungannya dengan variabel dependen juga saya tuliskan. Dari dua tabel yang ada saya sudah menuliskan sesuai dengan kemampuan saya.
Ilham ternyata lebih dulu keluar meninggalkan ruangan. Semnetara saya masih sibuk dengan jawaban apa yang harus aku tulis. Endly, That’s right. Saya kumpulkan lembar jawaban saya kepada pengawas dengan percaya diri. Semoga jawaban yang saya kumpulkan merupakan semua ilmu tentang statistika yang sudah saya dapatkan. Kalau nilainya bagus berarti saya menguasai ilmu itu. Kalau sebaliknya berarti saya harus belajar lagi.
Tidak perlu ragu lagi terhadap hasil kerja keras kita. Yang terpenting adalah kita harus percaya diri dan bertawakal!
@sukrisw

UAS part FIVE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sukur Riswanto