Semangat Senyum Syukur | Everything in this world are good for us |

Senin, 07 Januari 2013

UAS part FOUR


UAS Pengantar Bisnis yang Lancar

UAS yang ke empat ini bisa kami lewati dengan berpengharapan positif. Bagaimana tidak, soal yang berjumlah 4 butir itu masih bisa kami nalar. Mata kuliah ini adalah yang kami sukai. Bahkan menjadi favorit semua teman-teman BA. Namanya Pengantar Bisnis atau saya singkat PengBis. PengBis ini berjadwalkan hari ini tanggal 7 Januari 2013 di ruang D.11 Gedung D FEB UB.
UAS yang membuat kami lega dan nyaman. Semua soalnya seperti penerapan bisnis itu sendiri. Seolah-olah kami dibawa pada sebuah perusahaan yang dihadapkan pada persoalan yang harus kami jawab. Akan tetapi, ada salah satu soal yang membuat kami bingung. Sebenarnya ini soal juga sudah pernah ditanyakan. Hanya saja mengapa saya bisa lupa. Kemudian saya juga bertanya kepada teman-teman tentang jawaban yang soal itu. Oh ya, soal itu adalah mengenai apa saja proses produksi. Kami sih menjawabnya yang secara umum diketahui. Proses pengubahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi dan selanjutnya diolah kembali menjadi barang jadi. Semoga saja jawabannya benar. Sehingga nantinya bisa mendapatkan nilai yang bagus dan membawa dampak IPK bagus. Amin.
Sebenarnya UAS PengBis ini aku datang terlambat. Baru beberapa menit. Pengawas baru membagikan lembar jawaban. Kalau dari kita yang terlambat masuk ruangan harus tenang. Jangan sampai panik. Kepanikan itu bisa mambawa kita menjadi tidak fokus menghadapi UAS yang bersangkutan. Panik bisa juga membuat ingatan materi menjadi kabur. So, tetap tenang masuk ruangan, rileks, dan berdoa. Selanjutnya, soal demi soal aku kerjakan dan selesai. Dari kertas jawaban folio bergaris dua lembar semua terisi penuh. Bahkan sampai ada beberapa baris jawaban yang terpaksa aku tambahkan di luar garis di bagian bawah. Dan kalian harus tahu bahwa ternyata kebanyakan teman-teman saya menjawab hanya satu lembar bolak-balik saja. Sudahlah, lagian aku paling suka menuliskan segala sesuatu itu aku kembangkan. Yang ada di dalam pikiranku tentang jawaban soal ujian PengBis aku tulis. Aku tulis sampai buntu pikiranku tentang hal itu. Kalau bisa aku masih sanggup untuk melanjutkan jawaban. Hanya saja keterbatasan waktu yang hanya 90 menit dan kertas folio dua lembar. Makanya saya harus bisa memperhatikan waktu.
Saya harus keluar terkahir ternyata pada UAS kali ini. Saya masih ingin menuliskan jawaban namun kondisi mengatakan sudah cukup untuk kamu. Baiklah, saya juga harus keluar ruangan dengan senyuman. Bertawakal tentunya agar apa yang sudah dikerjakan itu bisa mendapatkan barokah. UAS yang bisa menebarkan senyum  kepuasan. Sangat bahagia. Soalnya ternyata demikian. Namun, ini juga sebenarnya tidak terduga. Bahkan malahan aku tidak bisa membayangkan akan seperti apa soal ujian nantinya untuk mata kuliah PengBis.
Untuk hari ini sudahlah cukup. Statistik masih menanti untuk hari esok. Meskipun open book katanya dosen pengampu juga belum tentu bisa. Makanya harus belajar keras untuk memahami semua materi statistik. Yang penting tetap berdoa dalam kondisi apapun terlebih UAS yang semoga saja diberi kemudahan dalam mengerjakannya.
Jawaban itu akan bagus dan baik apabila dilakukan dengan proses yang keras dan jelas!
@sukrisw

UAS part FOUR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sukur Riswanto