Semangat Senyum Syukur | Everything in this world are good for us |

Jumat, 04 Januari 2013

UAS part THREE


Only Me That Not Bring Islamism Book

Gubrak! Aku masuk ruangan D.1 telat. Segera aku lapor kepada pengawas dan meminta soal ujian dan lembar jawaban. Segera aku buka soal ujian. Dan ternyata, sifat ujian Pendidikan Agama Islam (PAI) open book. Aku sangat kaget. Betapa tidak! Aku berpikiran bahwa ujian PAI akan sama seperti yang lainnya. Aku mengambil waktu sebentar untuk mengingat materi yang sudah aku hafal sebelumnya. Ingatan telah terkumpul meskipun hanya sedikit.
UAS yang ketiga ini jadwalnya adalah PAI. Hari ini tanggal 4 Januari 2013. UAS kali ini aku sangat tidak menduga akan seperti ini. Padahal kemarin secara reflek aku mengatakan UAS PAI kan bakal open book. Sontak saja teman-teman yang mendengarkan tidak percaya dan malahan mengatakan tidak mungkin. Dan kalian harus tahu bahwa pada kenyataan UAS PAI itu open book. Karena hal yang katanya tidak mungkin makanya pada pagi hari sebelum berangkat aku tidak membawa buku PAI. Perlu kalian ketahui juga bahwa ternyata hanya aku seorang yang tidak membawa buku PAI. Hal itu aku lihat semua sudut ruangan. Benar saja mereka asyik menyakin jawaban dari buku PAI. Sudah begitu, aku berangkat juga tergesa-gesa dan akhirnya aku datang terlambat. Itu tidak masalah. Hanya sekitar 5 menit aku telat masuk ruangan. Sudah telat, negitu tahu soalnya aku langsung shock. Meskipun begitu, aku harus tenang. Aku berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal ujian.
Segera saja aku mengerjakan semua soal seingatku, sebisaku, dan semampuku. Karena aku harus menguras otak dan menggali ingatan yang sempat terkubur dalam pikiran oleh carut-marut pikiran. Aku sangat gusar sebenarnya. Menyesal pada diriku mengapa aku tidak membawa saja buku PAI itu. Itu hanya akan membawa aku kepada rasa yang kecewa. Untuk mengobatinya, aku harus melupakan sementara kejadian itu. Aku harus fokus pada pekerjaan aku saat ini, menjawab semua soal ujian. Bisa atau tidak bisa, aku harus sebisa mengerjakan semuanya. Hasilnya, memang semuanya aku kerjakan sesuai dengan ingatan memoriku. Aky hanya berarap bahwa keadilan akan turun kepadaku. Hanya aku saja yang tidak memakai buku agama sebagai pedoman jawaban ujian. Semua soal bisa dijawab dengan buku agama. Hanya soal nomor 2 dan 3 yang hanya ada dalam catatan buku.
Aku harus optimis. Aku paling berbeda. Mereka layaknya menyontek, sementara aku tidak. Kalau iya, itupun hanya dua nomor. Kalau dilihat siapa yang salah, pastilah aku. Tapi tidak apa-apa. Yang terpenting adalah bertawakal setelah mengerjakan semua soal ujian. Semoga Allah SWT memberi hasil yang terbaik kepada kita semua. Untuk menenangkan diri, aku harus percaya bahwa semua jawaban yang dijawab adalah benar. Benar seperti materi dibuku acuan. Aku juga bersyukur pada malam harinya sudah belajar menghafal jawaban yang sekiranya keluar. Dan benar saja, Allah SWT memberi kemudahan. Ada soal yang sama persis dan jawabannya adalah yang aku hafalkan dengan kerja keras hingga sampai dini hari jam 1. Saya yakin usaha yang keras pasti akan membuahkan hasil yang baik. Andaikan hasilnya belum sesuai yang diharapkan, yang terpenting adalah proses sudah dilakukan dengan keras.
UAS PAI semnetara waktu harus dilupakan. Masih ada 4 ujian mata kuliah yang menanti. Yang selanjutnya adalah Pengantar Bisnis. Pengantar Bisnis berjadwalkan tanggal 7 Januari 2013 hari Senin. Kalian hatus tahu bahwa mata kuliah ini bisa dibilang nyantai. Materinya sangat mengasyikkan. Dosennya aplagi. Semoga saja untuk UAS Pengantar Bisnis bisa menjawab semua soal. Pada akhirnya hasilnya maksimal. Meskipun dibilang asyik, kita juga harus tetap belajar mempersiapkannya. Aku berpikir untuk UAS jadwal Pengantar Bisnis. Akankah ujian mata kuliah tersebut open book lagi? Jawabannya adalah nanti jam 7.30 am di ruang D.11 gedung D FEB UB. Semoga saja untuk ujian mata kuliah yang lainnya diberi kemudahan.
Sedia payung sebelum hujan!

@sukrisw

UAS part THREE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sukur Riswanto